Dimas, Hafidz Ilhamsyah (2022) Perancangan Maskot Festival Tapa Malenggang Kabupaten Batang Hari. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (878kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (852kB) | Preview |
|
![]() |
Text (09308517 - DIMAS HAFIDZ ILHAMSYAH)
09308517 - DIMAS HAFIDZ ILHAMSYAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Festival Tapa Malenggang merupakan event agenda tahunan pemerintah Kabupaten Batang Hari, yang dilaksanakan bersamaan hari jadi Kabupaten Batang Hari. Festival ini menjadi salah satu ikon pariwisata Kabupaten Batang Hari yang dikembangkan di kawasan sungai Batang Hari. Dalam Festival Tapa Malenggang belum memiliki ikon sendiri sebagai identitas Festival tersebut. Dalam hal ini ikan Tapa (Wallago) menjadi ikon dalam Festival tersebut. Untuk mewujudkan hal itu tentunya perlu dilakukan riset dan analisis data yang bertujuan untuk mengkaji lebih dalam kesesuaian garapan dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu SWOT yang berguna untuk mengetahui positioning dan AIDCA yang digunakan untuk perencanaan promosi dengan memanfaatkan proses psikologi pengunjung. Setelah melakukan analisis data maka ditetapkan bauran media. Penetapan bauran media dalam hal ini yaitu maskot sebagai media utama dan memiliki fungsi sebagai icon dari Festival Tapa Malenggang itu sendiri dengan penggunaan maskot bisa diterapkan di berbagai media baik media cetak ataupun media digital. Selain maskot terdapat media pendukung dalam garapan ini yaitu Poster, Sticker Whatsapp, T-Shirt, Sticker dan Merchandise dikemas dalam bentuk packaging set yang di dalamnya Invitation Card, Boneka, T-Shirt dan Sticker. Kata Kunci : Maskot, Festival, Tapa Malenggang, Media, Promosi.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maskot, Festival, Tapa Malenggang, Media, Promosi. |
Subjects: | Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual Seni Rupa & Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 07:46 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |