Perancangan Kampanye Sosial tentang Sampah di Kota Padang

Indah, Almi Lestari (2021) Perancangan Kampanye Sosial tentang Sampah di Kota Padang. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DATAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[img] Text (0912216 - INDAH ALMI LESTARI)
0912216 - INDAH ALMI LESTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Sampah di kota Padang merupakan salah satu permasalahan yang ada dikota padang. Kehadiran sampah merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu cara mengatasi sampah di kota Padang ialah dengan menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan membuat mereka tersadar dan adanya panggilan dalam diri mereka tersebut bahwa membuang sampah sembarangan itu berbahaya. Upaya dalam menyadarkan masyarakat tentang sampah di kota Padang adalang dengan kampanye sosial. Dalam kampanye, terdapat suatu dasar yaitu penyampaian pesan-pesan pada khalayak, sehingga pesan merupakan inti kampanye dan merupakan sebuah gagasan yang muncul berdasarkan berbagai macam alasan dan gagasan tersebut pada akhirnya akan di konstruksi dalam bentuk pesan-pesan yang dapat disampaikan kepada khalayak, lalu khalayak akan mempresepsi, menanggapi, menerima atau menolak pesan tersebut (Venus, 2009, p.70). metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction dan Action). Dengan teori pendekatan emosional yang digunakan dalam kampanye sosial yaitu Appeal to axienty. Persuasi dengan pendeatan rasa takut secara sederhana bisa didefinisikan sebagai cara persuasi dengan menggunakan ancaman (threat) sebagai alat untuk membujuk atau mempersuasi untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang (Perloff, 2010). Karya kampanye sosial berupa ambient media, motion graphic, poster dan merchandise. Kata kunci : Kampanye sosial, sampah, ambient media.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Kampanye sosial, sampah, ambient media.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:18
Last Modified: 21 Jun 2022 08:51
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item