Indah, Almi Lestari (2021) Perancangan Kampanye Sosial tentang Sampah di Kota Padang. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DATAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (991kB) | Preview |
|
![]() |
Text (0912216 - INDAH ALMI LESTARI)
0912216 - INDAH ALMI LESTARI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Sampah di kota Padang merupakan salah satu permasalahan yang ada dikota padang. Kehadiran sampah merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu cara mengatasi sampah di kota Padang ialah dengan menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan membuat mereka tersadar dan adanya panggilan dalam diri mereka tersebut bahwa membuang sampah sembarangan itu berbahaya. Upaya dalam menyadarkan masyarakat tentang sampah di kota Padang adalang dengan kampanye sosial. Dalam kampanye, terdapat suatu dasar yaitu penyampaian pesan-pesan pada khalayak, sehingga pesan merupakan inti kampanye dan merupakan sebuah gagasan yang muncul berdasarkan berbagai macam alasan dan gagasan tersebut pada akhirnya akan di konstruksi dalam bentuk pesan-pesan yang dapat disampaikan kepada khalayak, lalu khalayak akan mempresepsi, menanggapi, menerima atau menolak pesan tersebut (Venus, 2009, p.70). metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction dan Action). Dengan teori pendekatan emosional yang digunakan dalam kampanye sosial yaitu Appeal to axienty. Persuasi dengan pendeatan rasa takut secara sederhana bisa didefinisikan sebagai cara persuasi dengan menggunakan ancaman (threat) sebagai alat untuk membujuk atau mempersuasi untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang (Perloff, 2010). Karya kampanye sosial berupa ambient media, motion graphic, poster dan merchandise. Kata kunci : Kampanye sosial, sampah, ambient media.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye sosial, sampah, ambient media. |
Subjects: | Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual Seni Rupa & Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 02:18 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 08:51 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |