Sandy, Purwanda (2023) KOMPOSISI MUSIK SEMARAK SIPAI BERSUMBER DARI BERUJI DOL DALAM UPACARA TABOT DI KOTA BENGKULU. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (0111716 - SANDY PURWANDA)
0111716 - SANDY PURWANDA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Musik adalah sebuah karya seni yang universal, musik merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar makhluk hidup, karena musik adalah suatu cara dan tempat untuk mengekspresikan perasaan dan ide melalui bunyi dan suara yang tertata dengan baik sehingga terciptalah karya musik yang sarat akan pesan dan makna, Dengan musik semua hal yang tidak mungkin bisa terjadi, karena musik adalah sebuah hal yang tidak akan pernah hilang dan akan terus ada dan berkembang sesuai perkembangan zaman yang ada. Skripsi ini membahas sebuah penafsiran kembali terhadap tradisi Beruji dol dalam upacara Tabot dikota Bengkulu. Beruji dol merupakan satu dari sembilan macam ritus dalam Upacara Tabot dikota Bengkulu, Beruji dol ini adalah adegan perang yang dilakukan oleh dua kelompok, yakni Tabot Bangsal dan Tabot Imam, Hal ini ditafsirkan sebagai saat-saat terjadinya peristiwa peperangan dua kaum antara Husein bin Abi Thalib dan kaum Yazid bin Muawiyyah. Beruji dol memiliki kasus musikal yang menarik, yaitu terdapat konsep permainan yang bersifat bebas terikat pada permainan tassa repertoar Tamatam yang disebut dengan girik. Karya komposisi musik “ Semarak Sipai” digarap dengan menggunakan metode pendekatan Re-interpretasi Tradisi, pengkarya mewujudkan ide/gagasan yang bersumber dari beruji dol repertoar Tamatam dengan mengembangkan bentuk dan konsep girik didalam permainan tassa tersebut, Melalui garapan karya komposisi musik “Semarak Sipai”, pengkarya mencoba menghadirkan beberapa bentuk kebaruan dalam berbagai aspek garap sesuai dengan konsep yang ditawarkan. Pengkarya menggunakan pendekatan Re-interpretasi Tradisi karena ingin berbagi pengalaman musikal yang bisa memberikan kontribusi demi perkembangan komposisi musik itu sendiri.
| Item Type: | Thesis (Strata) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Beruji Dol; Tamatam; Girik; Semarak Sipai; Re-interpretasi Tradisi |
| Subjects: | Seni Pertunjukan > Seni Karawitan Seni Pertunjukan |
| Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Karawitan |
| Depositing User: | Tulus Setiawan |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:17 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 08:21 |
| URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/2313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
