Nur, Aini (2022) Perancangan Destination Branding Potensi Wisata Nagari Salareh Aia menuju Ekowisata. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (857kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (774kB) | Preview |
|
![]() |
Text (09207117 - NUR AINI)
09207117 - NUR AINI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Perancangan berjudul Perancangan Destination Branding Potensi Wisata Nagari Salareh Aia Menuju Ekowisata sebagai solusi untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Nagari Salareh Aia agar dapat berdaya saing dengan kompetitor. Selain itu bertujuan untuk mengedukasi audiens pentingnya menjaga kelestarian alam. Potensi wisata ditawarkan dalam bentuk paket wisata yang sasaran utamanya paket untuk keluarga dan paket jelajah untuk pecinta adventure. Paket wisata yang ditawarkan mengandung edukasi penting menjaga alam, edukasi menanam padi, keindahan alam Nagari Salareh Aia, kuliner khas daerah, permainan tradisional anak nagari, pertunjukan silat, sewa baju adat maupun baju tradisional, tracking, camping, berenang di air terjun. Semua paket wisata di branding menggunakan nama Pesona Salareh Aia dan tagline “experience by nature”. Perancangan digarap logo sebagai bauran utama dan audiovisual sebagai pendukung. Logo sebagai identitas utama kemudian audiovisual sebagai pengenalan bentuk paket wisata yang ditawarkan dalam bentuk nyata. Perancangan dilakukan dengan metode analisis SWOT dengan proses perancangan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Proses penciptaan karya dilakukan secara terstruktur melalui tahap brainstorming, moodboard, sketsa, storyline, storyboard, studi warna, dan studi tipografi. Media pendukung antara lain poster, x-banner, brosur, tiket wisata, stationary, header website, welcome sign, direction sign, id card, lanyard, airport banner, instagram, baju, transportasi, merchandise sebagai pendukung dan bagian dari promosi wisata. Semua media pendukung digarap menggunakan supergrapich dari logo untuk penguat identitas. Kata Kunci : Destination Branding, Program Wisata, Kelestarian Alam.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Destination Branding, Program Wisata, Kelestarian Alam. |
Subjects: | Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual Seni Rupa & Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 07:11 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 07:11 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |