Perancangan Destination Branding Potensi Wisata Nagari Salareh Aia menuju Ekowisata

Nur, Aini (2022) Perancangan Destination Branding Potensi Wisata Nagari Salareh Aia menuju Ekowisata. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[img] Text (09207117 - NUR AINI)
09207117 - NUR AINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Perancangan berjudul Perancangan Destination Branding Potensi Wisata Nagari Salareh Aia Menuju Ekowisata sebagai solusi untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Nagari Salareh Aia agar dapat berdaya saing dengan kompetitor. Selain itu bertujuan untuk mengedukasi audiens pentingnya menjaga kelestarian alam. Potensi wisata ditawarkan dalam bentuk paket wisata yang sasaran utamanya paket untuk keluarga dan paket jelajah untuk pecinta adventure. Paket wisata yang ditawarkan mengandung edukasi penting menjaga alam, edukasi menanam padi, keindahan alam Nagari Salareh Aia, kuliner khas daerah, permainan tradisional anak nagari, pertunjukan silat, sewa baju adat maupun baju tradisional, tracking, camping, berenang di air terjun. Semua paket wisata di branding menggunakan nama Pesona Salareh Aia dan tagline “experience by nature”. Perancangan digarap logo sebagai bauran utama dan audiovisual sebagai pendukung. Logo sebagai identitas utama kemudian audiovisual sebagai pengenalan bentuk paket wisata yang ditawarkan dalam bentuk nyata. Perancangan dilakukan dengan metode analisis SWOT dengan proses perancangan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Proses penciptaan karya dilakukan secara terstruktur melalui tahap brainstorming, moodboard, sketsa, storyline, storyboard, studi warna, dan studi tipografi. Media pendukung antara lain poster, x-banner, brosur, tiket wisata, stationary, header website, welcome sign, direction sign, id card, lanyard, airport banner, instagram, baju, transportasi, merchandise sebagai pendukung dan bagian dari promosi wisata. Semua media pendukung digarap menggunakan supergrapich dari logo untuk penguat identitas. Kata Kunci : Destination Branding, Program Wisata, Kelestarian Alam.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Destination Branding, Program Wisata, Kelestarian Alam.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:11
Last Modified: 29 Mar 2022 07:11
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item