Motion Graphic Nilai Budaya Minangkabau dalam Randang

Sri, Dwi Astuti Al Noor (2021) Motion Graphic Nilai Budaya Minangkabau dalam Randang. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (109006019 - SRI DWI ASTUTI AL NOOR)
109006019 - SRI DWI ASTUTI AL NOOR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Randang merupakan makanan yang diaku terenak didunia oleh media CNN. Namun masih banyak informasi yang salah mengenai kuliner tradisional ini. Bahkan asal randang itu sendiri masih banyak diragukan orang lain. Banyak nilai budaya Minangkabau yang terdapat didalam randang yang mulai dilupakan oleh masyarakat Minangkabau khususnya Kota Padang. Padahal dalam randang ada nilai budaya yang menggambarkan tigo tungku sajarangan, dan peran bundo kanduang dalam mewadahi permasalahan masyarakat. Setelah melakukan riset dan pencarian terhadap data nilai budaya Minangkabau dalam randang dan tidak menemukan hasil yang memuaskan, memberikan ketertarikan untuk perancang membuat sebuah karya motion graphic sebagai media informasi yang menyampaikan nilai budaya Minangkabau dalam randang. Perancang menggunakan teori warna, motion graphic, prinsip komposisi, teori narasi, teori tipografi, kemudian teori komunikasi sebagai bahan acuan membuat karya yang lebih baik dan sesuai. Metode yang perancang gunakan dalam menciptakan karya ini adalah metode 4D yang menjabarkan tahap perancangan dari tahap definisi, perancangan, pengembangan, dan berakhir dengan penyebaran hasil karya yang digarap. Perancang membuat sebuah media motion graphic sebagai media utama sesuai target audience dengan rentang usia 15-20 tahun. Perancang menetapkan poster, stiker, T-Shirt, keychain, mug, dan totebag sebagai media pendukung. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi media informasi yang tepat sebagai pembelajaran dan pengingat budaya serta menjadi dokumen dalam informasi budaya Minangkabau. Kata kunci : Budaya, Minangkabau, Randang, Informasi, Motion Graphic

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Minangkabau, Randang, Informasi, Motion Graphic
Subjects: Pascasarjana ISI Padangpanjang
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:21
Last Modified: 07 Jul 2022 08:32
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item