Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam

Jefri, Safar (2021) Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[img] Text (11401217 - JEFRI SAFAR)
11401217 - JEFRI SAFAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap penguasaan materi pada siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam yang dituangkan dalam skripsi dengan judul “Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam”. Adanya fenomena pandemi covid-19 yang membuat proses pembelajaran berubah, siswa yang sebelumnya melakukan proses pembelajaran di sekolah sekarang harus belajar dari rumah dengan cara Daring. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengungkap semua kejadian yang terjadi di lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan, perubahan metode pembelajaran seni budaya dari metode tatap muka/luring ke proses metode daring yang merupakan proses dan tatanan baru dalam pembelajaran yang dilakukan dan berdampak terhadap penguasaan materi oleh siswa. Pembelajaran seni budaya sangat membutuhkan interaksi langsung antara guru dan murid karena capaian dari pembelajaran seni budaya yaitu, melatih dan mengembangkan motorik serta keahlian peserta didik. Faktor yang mempengaruhi penguasaan materi oleh siswa dalam pembelajaran seni budaya dengan metode daring adalah, (1) tidak adanya interaksi serta bimbingan secara langsung dari guru membuat murid kesulitan dalam memahami materi yang diberikan, (2) metode daring merupakan proses pembelajaran yang baru bagi pihak sekolah maupun murid ditambah dengan ketidaksiapan pihak sekolah maupun murid dalam melakukan pembelajaran daring serta keterbatasan media/alat dalam proses pembelajaran membuat pembelajaran mendapati banyak kendala, (3) peran orang tua sebagai orang yang membantu murid dalam pembelajaran juga tidak maksimal karena orang tua yang tidak memiliki keahlian dalam seni budaya. Kata kunci: Pembelajaran daring, Seni Budaya, SD negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Seni Budaya, SD negeri 09 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Agam.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:06
Last Modified: 27 Jun 2022 04:47
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item