Pergerakan Kamera untuk Memvisualisasikan Mood Pemeran Utama pada Film Fiksi Kurung Buka Titik Dua

Rani, Nofrianti (2020) Pergerakan Kamera untuk Memvisualisasikan Mood Pemeran Utama pada Film Fiksi Kurung Buka Titik Dua. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0611615 - RANI NOFRIANTI)
0611615 - RANI NOFRIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Karya film KURUNG BUKA TITIK DUA ini pengkarya menerapkan Teknik Pergerakan Kamera Untuk Memvisualisasikan Mood Pemeran Utama. Untuk memperlihatkan mood pemeran utama memakai pergerakan tracking, pan dan crab sehingga terbentuknya kekuatan visual yang mengacu kepada komposisi dan tipe shot. tercapainya Teknik pergerakan kamera untuk memvisualisasikan mood pemeran utama karena di setiap shot mempertimbangkan komposisi dan tipe shot sehingga mood senang dan sedih pemeran utama tersampaikan kepada penonton. Mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu. Dengan kata lain, orang hampir selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood yaitu mood baik (good mood) atau mood buruk (bad mood). Suasana senang merupakan perubahan suasana hati yang jelas terasa atau terlihat. Sedangkan Mood Sedih merupakan suasana hati seseorang yang sedang tidak baik. Film fiksi Kurung Buka Titik Dua berdurasi tayang kurang lebih 25 menit dengan durasi cerita 21 menit 2 menit untuk credititle dan bumper pembukaan film. Untuk menyampaikan mood pemeran utama yaitu mood sedih dan senang dalam film fiksi Kurung Buka Titik Dua, alur cerita didukung dengan membuat satu seri rangkaian gambar. Setelah melakukan analisa naskah pada mood sedih terdapat sembilan scene sedangkan mood senang tujuh scene. Teknik pengambilan gambar Kurung Buka Titik Dua yaitu Pergerakan Kamera Pan, Track ,crab dan mengacu kepada tipe shot dan komposisi. Dengan adanya pergerakan kamera, tipe shot dan komposisi mendukung dalam melakukan pembentukan rangkaian gambar untuk mendapatkan mood pemeran utama. Kata Kunci : film fiksi; Kurung Buka Titik Dua; Pergerakan Kamera; Mood.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: film fiksi; Kurung Buka Titik Dua; Pergerakan Kamera; Mood.
Subjects: Seni Rupa & Desain
Seni Rupa & Desain > TV & Film
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Televisi & Film
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:15
Last Modified: 09 May 2022 07:45
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item