Erik, Desra Saputra (2019) Perancangan Media Motion Comic Legenda Bujang Sambilan Asal Usul Danau Maninjau Sumatera Barat. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (07462012 - ERIK DESRA SAPUTRA)
07462012 - ERIK DESRA SAPUTRA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Ide perancangan ini berawal dari cerita rakyat atau legenda bujang sambilan pada saat ini perlahan-lahn sudah mulai dilupakan. Perancangan ini bertujuan untuk menyajikan kembali cerita rakyat atau legenda bujang sambilan asal usul terjadinya danau maninjau sehingga dapat memperkenalkan dan miningkatkan daya tarik remaja terhadap cerita rakyat atau legenda yang ada di Sumatera Barat. Maka berdasarkan dari masalah ini timbulnya ide untuk merancang sebuah media Motion Comic legenda Bujang Sambilan. Motion Comic adalah kombinasi dari elemen-elemen multimedia seperti gambar, suara, teks, digabung dengan pergerakan yang membuat komik menjadi hidup (bergerak). Legenda bujang sambilan merupakan sebuah kisah yang menceritakan asal usul terjadinya danau maninjau yang ada di sumatera barat. Perancangan Motion Comic legenda Bujang Sambilan ini menggunakan analisis SWOT. Sedangkan proses perancangan diawali dengan pembumpulan data melalui observasi dan wawancara selanjutnya menentukan konsep visual, perancangan karakter, sinopsis, storyline, storyboard, proses digital, coloring dan sketsa, proses motion dan pengaplikasian. Hasil yang dicapai adalah menghadirkan sebuah motion comic dengan target audiens 15 sampai 23 tahun. Hadirnya perancangan Motion Comic legenda bujang sambilan asal usul terjadinya danau maninjau di harapkan dapat membantu membangkitkan kembali legenda bujang sambilan dan masyarakat khususnya, tertarik dengan legenda bujang sambilan. Kata kunci : Perancangan; Media; Motion Comic; legenda Bujang Sambilan; asal usul Danau Maninjau.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan; Media; Motion Comic; legenda Bujang Sambilan; asal usul Danau Maninjau. |
Subjects: | Seni Rupa & Desain > Seni Murni Seni Rupa & Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Seni Murni |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 03:34 |
Last Modified: | 25 May 2022 08:21 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |