PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL PADUAN SUARA SIK-SIBATUMANIKAM DAN WHEN YOU BELIEVE DI YAYASAN PRAYOGA BUKITTINGGI SMPS XAVERIUS

Arnia Hartipa Iskandar, 0312014 (2018) PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL PADUAN SUARA SIK-SIBATUMANIKAM DAN WHEN YOU BELIEVE DI YAYASAN PRAYOGA BUKITTINGGI SMPS XAVERIUS. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img] Text (0312014 - ARNIA HARTIPA ISKANDAR)
0312014 - ARNIA HARTIPA ISKANDAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam bernyanyi yang tidak menggunakan teknik vokal yang baik dan benar. siswa bernyanyi tanpa memperhatikan cara pengucapan syair lagu atau yang disebut juga dengan artikulasi dan pernapasan yang tidak benar, siswa bernyanyi tidak memperhatikan nada atau yang disebut juga dengan intonasi. Mereka hanya sekedar bernyanyi tanpa memperhatikan bagaimana sikap bernyanyi yang baik dan teknik vokal yang benar. Dari pokok permasalahan ini peneliti akan membahas tentang metode Pembelajaran Teknik Vokal Paduan Suara Sik-Sibatumanikam dan When You Believe di Yayasan Prayoga Bukittinggi SMPS Xavarius. Dalam penelitian ini peneliti memberi tindakan dengan penilaian tiga kategori yaitu teknik vokal, keseimbangan dalam paduan suara, dan kemampuan bernyanyi. Penelitian yang dilaksanakan di Yayasan Prayoga Bukittinggi SMPS Xavarius menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research). Adapun penelitian ini didukung oleh beberapa metode pembelajaran yaitu, metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data tekumpul maka peneliti mulai mengolah data tersebut dengan menggunakan teknik klasifikasi data dan analisis data, yang dihitung dengan tabel distribusi frekuensi. Pelaksanaan dilakukan dengan memakai siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dalam pra siklus peneliti melakukan tes sebelum memberi tindakan. Dalam siklus I peneliti mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pada siklus I dilaksanakan selama 4 (empat) kali pertemuan, begitu juga dengan siklus II. Nilai rata-rata anggota paduan suara mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 35,3%. Kemudian dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan sebesar 60,9%. Dengan demikian hasil menunjukkan bahwa pembelajaran teknik vokal paduan suara telah mencapai penilaian kriteria baik.

Item Type: Thesis (Strata)
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Yelka Putri
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:28
Last Modified: 11 Mar 2020 06:28
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item