PEMBELAJARAN ENSAMBLE STRING DENGAN REPERTOAR QUARTET NO.3 IN G MAYOR K.156 KARYA W.A MOZART PADA MAHASISWA SENDRATASIK FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS NEGRI JAMBI PROVINSI JAMBI

Dicky Alamsyah, 03032010 (2017) PEMBELAJARAN ENSAMBLE STRING DENGAN REPERTOAR QUARTET NO.3 IN G MAYOR K.156 KARYA W.A MOZART PADA MAHASISWA SENDRATASIK FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS NEGRI JAMBI PROVINSI JAMBI. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (03032010 - DICKY ALAMSYAH)
03032010 - DICKY ALAMSYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan serta pemahaman mahasiswa dalam memainkan alat musik mereka masing-masing, khususnya mahasiswa yang mengambil alat musik biola, biola alto, dan cello. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk memberikan pembelajaran tentang alat instrument mereka melalui ensamble quartet string dengan violin 1 sebagai solonya. Penelitian ini bertujuan 1). Untuk melihat proses pembelajaran ensamble string dengan repertoar Quartet No.3 In G Mayor K.156 karya W.A Mozart di Sendratasik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi Provinsi Jambi. 2). Untuk menerapkan metode yang digunakan dalam pembelajaran ensamble string dengan repertoar Quartet No.3 In G Mayor K.156 Karya W.A Mozart. 3). Untuk menambah wawasan serta pengalaman baru kepada mahasiswa sendratasik yang mengambil instrument string tentang bagaimana cara bermain ensamble dengan violin 1 sebagai solonya serta yang lainnya sebagai pengiring. Jenis penelitian ini memakai Action Research (penelitian tindakan) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari enam kali pertemuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Sendratasik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi Provinsi Jambi yang mengambil minat musik dan yang mengambil instrument string sebanyak 7 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi sedangkan teknik Analisa data menggunakan rumus “distribusi frekuensi”. Temuan peneliti ini adalah terdapatnya peningkatan pembelajaran ensamble string dengan repertoar Quartet No.3 In G Mayor K.156 Karya W.A Mozart dimana para pemain dapat mengembangkan kemampuan bermain musiknya setelah melakukan kegiatan. Terbukti dari hasil presentase meningkat secara signifikan pada siklus 1 dan siklus 2, maka dengan demikian terjawablah bahwa melalui pembelajaran ensamble string dengan repertoar Quartet No.3 In G Mayor K.156 Karya W.A Mozart pada mahasiswa Sendratasik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi Provinsi Jambi dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan bermain musik para mahasiswa yang berinstrumenkan string atau gesek. Kata Kunci : Pembelajaran, Ensamble String, Quartet No.3 In G Mayor K.156.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ensamble String, Quartet No.3 In G Mayor K.156.
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:50
Last Modified: 02 Mar 2020 04:50
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item