Yurnalis, Yurnalis (2024) KOMPOSISI MUSIK “Alunan Ra-Sa” BERANGKAT DARI RITUAL TRADISI RATIK SAMAN DI NAGARI PANINJAUAN KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (940kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (923kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (744kB) |
|
|
Text (01302120 - YURNALIS)
01302120 - YURNALIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Ratik Saman salah satu jenis ratik yang menjadi ibadah atau ritual kelompok jamaah tarekat Syatariah di Kenagarian Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Ratik adalah zikir puji-pujian kepada allah yang di lakukan secara berulang-ulang. Keunikan aspek musikal dari Ratik Saman ini adalah melodi zikir yang berjalan secara terus menerus seperti vokal “Hu” yang dilahirkan oleh jamaah sebagai ritme yang mengikat tempo melodi. Dan salah seorang memainkan melodi lagu disebut dengan labai (pemimpin), dari pengamatan pengkarya pada penyajian di atas, terdapat beberapa unsur musikal permainan ostinato (frasa yang terus menerus dan berulang) oleh jemaah berupa aksentuasi (penekanan), ascending (nada yang bergerak naik dari rendah ke tinggi), descending (nada yang bergerak turun dari tinggi ke rendah). Kemudian di tuangkan dalam bentuk komposisi.Komposisi ini beranjak dari tradisi Ratik Saman lagu padang masyar. Dengan garapan komposisi yang berjudul “Alunan Ra-Sa” digarap dengan pendekatan world musik. Menghadirkan komposisi dengan garapan bentuk baru menggunakan instrumen tradisi dan modern. Berdasarkan pengalaman musikal yang bisa memberikan kontribusi terhadap lahirnya karya ini bertujuan untuk . Karya ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama pengkarya menggarap teknik muncul dengan menghadirkan garapan molodi vokal tradisi, Aksentuasi, dinamika, dan penggarapan tempo. Bagian kedua pengkarya menggarap tradisi asli yang dituangkan dalam bentuk komposisi musik baru dan dikembangkan melalui instrumen tradisi dan modern.
| Item Type: | Thesis (Strata) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Ratik saman; Alunan Ra-Sa; labai |
| Subjects: | Seni Pertunjukan > Seni Karawitan Seni Pertunjukan |
| Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Karawitan |
| Depositing User: | Tulus Setiawan |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:56 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:56 |
| URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/2431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
