Sindi, Lorenza (2023) PEMBELAJARAN SULAM KELAS XI KKBT SMKN 1 AMPEK ANGKEK. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
![]() |
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (855kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (718kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (11200319 - SINDI LORENZA)
11200319 - SINDI LORENZA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Pembelajaran merupakan proses mentransfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Pembelajaran sulam di kelas XI KKBT SMK Negeri 1 Ampek Angkek bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penerapan teknik sulam pipih dan pemanfaatan kain perca sebagai medianya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang membahas tentang data sesuai dengan fakta yang ditemui di lapangan dengan menerapkan metode pembelajaran ceramah, praktik dan diskusi. Landasan teori yang digunakan yaitu pembelajaran, sulam, bentuk, motif dan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pembelajaran yang diterapkan yaitu sarung bantal kursi menggunakan teknik sulam pipih dan tusuk hias pendukung yaitu tusuk tikam jejak dan kepala peniti. Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan siswa mampu meningkatkan kreatifitas dengan penerapan sulam dan mengolah kain perca menjadi produk sarung bantal kursi.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Sulam Pipih; Sarung Bantal Kursi |
Subjects: | Seni Rupa & Desain > Pendidikan Kriya Seni Rupa & Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:34 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:34 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/2134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |