APRESIASI TERHADAP INTERAKSI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK ANAK DISABILITAS TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BUKITTINGI SUMATERA BARAT

Lingga, Maharani (2022) APRESIASI TERHADAP INTERAKSI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK ANAK DISABILITAS TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BUKITTINGI SUMATERA BARAT. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img] Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (851kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (722kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (02101518 - LINGGA MAHARANI)
02101518 - LINGGA MAHARANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode pembelajaran yang tari yang dilakukan oleh guru tari untuk mengajar dan mengembangkan strategi pembelajaran yang diberikan kepada anak Disabilitas Tunarungu di SLB Negeri 1 Bukittinggi. Penulisan ini menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis, dengan penggunaan teori pendidikan yang dikemukakan Taksmoni Bloom dan teori Behavioristik oleh David C Berlier sebagai pisau pembedahnya. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang diterapkan oleh guru tari terhadap anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dari metode yang diberikan kepada anak normal. Guru tari di SLB Negeri 1 Bukittinggi harus memiliki keterampilan khusus, serta menerapkan metode yang berbeda dari sekolah umum, seperti pendekatan secara individu, mengetahui psikologi anak, memiliki inovasi serta mempunyai kesabaran yang tinggi yang tidak dimiliki oleh guru sekolah lain.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; pendidikan; anak tunarungu
Subjects: Seni Pertunjukan
Seni Pertunjukan > Seni Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Tari
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:10
Last Modified: 10 Jun 2025 08:10
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item