Lingga, Maharani (2022) APRESIASI TERHADAP INTERAKSI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK ANAK DISABILITAS TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BUKITTINGI SUMATERA BARAT. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
![]() |
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (851kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (722kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (789kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text (02101518 - LINGGA MAHARANI)
02101518 - LINGGA MAHARANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode pembelajaran yang tari yang dilakukan oleh guru tari untuk mengajar dan mengembangkan strategi pembelajaran yang diberikan kepada anak Disabilitas Tunarungu di SLB Negeri 1 Bukittinggi. Penulisan ini menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis, dengan penggunaan teori pendidikan yang dikemukakan Taksmoni Bloom dan teori Behavioristik oleh David C Berlier sebagai pisau pembedahnya. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang diterapkan oleh guru tari terhadap anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dari metode yang diberikan kepada anak normal. Guru tari di SLB Negeri 1 Bukittinggi harus memiliki keterampilan khusus, serta menerapkan metode yang berbeda dari sekolah umum, seperti pendekatan secara individu, mengetahui psikologi anak, memiliki inovasi serta mempunyai kesabaran yang tinggi yang tidak dimiliki oleh guru sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; pendidikan; anak tunarungu |
Subjects: | Seni Pertunjukan Seni Pertunjukan > Seni Tari |
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Tari |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:10 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:10 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |