Pengaruh Rendahnya Kecerdasan Musikal terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Seni Tari Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Anggi, Sukma Yunni Foresti (2022) Pengaruh Rendahnya Kecerdasan Musikal terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Seni Tari Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (02102517 - ANGGI SUKMA YUNNI FORESTI)
02102517 - ANGGI SUKMA YUNNI FORESTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]

Abstract

Tulisan ini membahas pentingnya mahasiswa Prodi Seni Tari meningkatkan kepekaan terhadap irama dan tempo musik yang dapat memudahkannya dalam proses pembelajaran mata kuliah praktik. Sejatinya tari tidak terbentuk dari gerak semata, melainkan ada aspek pendukung lain seperti musik. Rendahnya kepekaan dan pemahaman terhadap musik menjadi permasalahan yang kerap terjadi di lingkungan mahasiswa tari. Padahal kenyataan yang ada, musikalitas dalam diri mahasiswa akan mempengaruhi motivasi belajarnya karena berkaitan dengan kepribadian seseorang. Musikalitas yang baik akan memberi kepercayaan diri mahasiswa untuk menjalankan pembelajaran khususnya praktik tari. Namun sebaliknya, apabila musikalitas rendah maka seseorang akan minim kepercayaan dirinya, sehingga berdampak pula pada hasil belajar yang rendah. Berkaitan hal tersebut, penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh rendahnya kecerdasan musikal terhadap keberhasilan proses pembelajaran yang dibuktikan dari hasil belajar mahasiswa, serta menginvestigasi faktor penyebab rendahnya kecerdasan musikal mahasiswa untuk menjadi lebih baik. Metode yang digunakan ialah kualitatif bersifat deskriptif analisis dikombinasi metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif, yang dilandaskan dengan penggunaan teori behaviorisme sebagai pisau pembedahnya. Kata Kunci : Proses Belajar, Musikalitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar, Musikalitas, Hasil Belajar.
Subjects: Seni Pertunjukan
Seni Pertunjukan > Seni Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Tari
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 13 May 2022 09:18
Last Modified: 13 May 2022 09:18
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item