Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas VII A di SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh

Nensi, Humairah Heldia (2021) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas VII A di SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img] Text (11400417 - NENSI HUMAIRAH HELDIA)
11400417 - NENSI HUMAIRAH HELDIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Tulisan ini betujuan untuk membahas “Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas VII A SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh”, yang melatar belakangi seringnya terjadi perilaku tidak terpuji pada kalangan remaja seperti, tawuran, merokok, miras, seks bebas, perilaku tidak terpuji lainnya. Maka dari itu sangat penting untuk menanamkan nilai pendidikan karakter pada anak remaja, sesuai dengan tujuan dari skripsi ini dimana pembelajaran seni budaya sendiri merupakan salah satu langkah untuk menanamkan nilai pendidikan karakter, karena pada pembelajaran seni budaya guru sangat mudah untuk mendekati diri dengan murid dalam proses pembelajaran seperti contohnya pada kegiatan ekstrakulikuler kesenian. Tulisan ini bermaksud untuk menjawab bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter pada pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh? Permasalahan ini diteliti dengan studi lapangan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh sebagai sumber data yang akurat untuk mendapatkan dokumentasi tentang penanaman nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menceritakan secara rinci bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter di SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh dalam perencanaan, penerapan dan evaluasi. Peserta didik dalam proses pembelajaran dapat bersikap sesuai dengan nilai-nilai nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan oleh guru. Masih ada munculnya hambatan-hambatan dalam penerapannya tapi hasil yang didapatkan sudah cukup baik dalam penerapan nilai pendidikan karakter. Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, peserta didik, hasil.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, peserta didik, hasil.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Pendidikan Kriya
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:53
Last Modified: 27 Jun 2022 04:50
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item