Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Makrame di SMP Negeri 17 Kerinci

Yundari, Afrinata (2021) Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Makrame di SMP Negeri 17 Kerinci. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (998kB) | Preview
[img] Text (11401017 - YUNDARI AFRINATA)
11401017 - YUNDARI AFRINATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian yang berjudul peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci. Peningkatan kemampuan siswa kelas VII A di SMP Negeri 17 Kerinci pada tahun 2021 menggunakan kurikulum 2013 dimana satu guru mengajar 22 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di kelas VII A SMP Negeri 17 Kerinci. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa guru menyusun RPP, media yang digunakan adalah contoh produk, contoh karya makrame. Metode ceramah, tanya jawab dan metode praktik yang digunakan guru dalam pembelajaran makrame. Materi yang diajarkan berupa alat dan bahan, simpul yang digunakan, membuat karya makrame untuk benda fungsional salah satunya pot bunga gantung. Guru mengajar sesuai dengan keahliannya dibidang prakarya, mempersiapkan RPP yang jelas agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, materi yang disampaikan guru harus terstruktur, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci. Kata Kunci: Pembelajaran, makrame, guru, siswa.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, makrame, guru, siswa.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Pendidikan Kriya
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:11
Last Modified: 29 Jun 2022 08:38
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item