Bima, Ambara (2019) SRITAMA (The Melody Of Tamatam). Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
SINOPSIS & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (0310815 - BIMA AMBARA)
0310815 - BIMA AMBARA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Komposisi Musik Sritama merupakan komposisi yang berangkat dari idiom musik pada upacara Tabut, Upacara ini bertujuan untuk mengenang wafat nya Al Husein bin Ali bin Abi Thalib cucu Nabi Muhammad SAW dan segala yang syahid di Karbala Irak pada 10 Muharam 61 H (10 Oktober 680 Masehi). pada upacara ini terdapat tiga ritme pokok yang di mainkan oleh instrumen Dol yang di beri nama Sweri, Tamatam, Swena. Dari ketiga ritme pokok tersebut, ritme Tamatam lah yang menjadi ide garap dalam membuat komposisi ini, Komposisi ini memiliki bentuk lagu dua bagian yang dikembangkan dengan memakai teknik pengembangan motif yaitu imitation, sequence, diminution, augmentation, Inversion, Retrograde dan repetation, disamping juga memakai teknik kontrapung. Secara keseluruhan karya ini digarap dalam bentuk orchestra. Dalam penggarapan karya ini diintrepretasikan menjadi dua bagian makro. Pada bagian I (A) memiliki 68 birama terdiri dari introduction dan tema pokok A yang dikembangkan dalam bentuk (a, a’, b ,c) bagian I ini dimainkan dalam tangga nada E minor, B Hijjaz, E Hijjaz , E dorian, E minor harmonic dan G minor dalam sukat 4/4 dan 2/2 dengan tempo Vivace kecepatan metronome 140 beat per menit dan adagio kecepatan metronom 70 beat per menit (18 birama). Pada bagian II (B) memiliki 99 birama terdiri dari cadenza, introduction dan tema pokok B yang dikembangkan dalam bentuk (a, b, a’, b’, a’’) bagian II ini dimainkan dalam tangga nada E minor harmonis, G mayor dan A mayor serta B Hijjaz dan C Hijjaz dalam sukat 4/4. Dimainkan dengan tempo adante kecepatan metronome 80 beat per menit. Kata Kunci: Komposisi Musik; Sritama; Upacara Tabut; Instrumen Dol; Sweri; Tamatan; Swena; Teknik Pengembangan Motif; Orchestra.
Item Type: | Thesis (Strata) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komposisi Musik; Sritama; Upacara Tabut; Instrumen Dol; Sweri; Tamatan; Swena; Teknik Pengembangan Motif; Orchestra. |
Subjects: | Seni Pertunjukan > Seni Musik Seni Pertunjukan |
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 01:30 |
Last Modified: | 17 May 2022 07:07 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |