PEMERANAN TOKOH ROSE DALAM NASKAH LAKON “PERANGKAP” KARYA EUGENE O’NEILL TERJEMAHAN FARIED W ABE DENGAN METODE AKTING STANISLAVSKY

Reza Desiska Sari, 0510514 (2018) PEMERANAN TOKOH ROSE DALAM NASKAH LAKON “PERANGKAP” KARYA EUGENE O’NEILL TERJEMAHAN FARIED W ABE DENGAN METODE AKTING STANISLAVSKY. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (0510514 - REZA DESISKA SARI)
0510514 - REZA DESISKA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penyajian tokoh Rose dalam lakon Perangkap karya Eugene O’Neill terjemahan Faried W Abe merupakan penciptaan seni peran yang dilakukan oleh pemeran untuk memproyeksikan karakter tokoh Rose dalam lakon menjadi lakuan-lakuan yang mampu meyakinkan para audience. Penyajian pemeranan tersebut diawali oleh analisa lakon Perangkap yang meliputi analisa terhadap struktur dan tekstur Penokohan. Bagian-bagian yang menjadi struktur penokohan meliputi kajian identitas tokoh Rose, dan kajian relasi antara tokoh Rose dengan tokoh-tokoh yang lain, juga mengkaji relasi tokoh Rose dengan tema, alur, dan latar lakon. Hasil dari telaah dan analisa penokohan tersebut dijadikan pedoman terhadap pembuatan desain pemeranan yang bertumpu pada pendekatan akting presentasi. Pendekatan akting presentasi adalah usaha untuk menampilkan karakter tokoh dalam lakon yang menyatu dalam kondisi batiniah penyaji. Pendekatan akting presentasi tersebut diaplikasikan melalui suatu metode penciptaan peran, yakni suatu metode untuk ‘menyatukan peran dalam kehidupan pemeran’ yang diciptakan Konstantin Stanislavsky. Metode tersebut bertumpu pada dua tahap pemeranan yakni menghadirkan tokoh dalam batin dan memproyeksikan ‘kehadiran’ tersebut dalam instrumen seni peran yakni tubuh dan vokal. Kata kunci: Tokoh Rose, Gaya Presentasi, Metode Stanislavsky

Item Type: Thesis (Strata)
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Teater
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Teater
Depositing User: Yelka Putri
Date Deposited: 21 Feb 2020 08:59
Last Modified: 21 Feb 2020 08:59
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item