Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/handle/2327079324/56
Title: Kesenian Ronggeng Dari Masyarakat Ke Sekolah Dalam Konteks Pembelajaran Di SMA N 1 Talamau, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat
Authors: Budrianto
Keywords: Ronggeng
Issue Date: Dec-2014
Publisher: Jurnal Fakultas Seni Pertunjukan
Abstract: Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kesenian ronggeng di SMA N 1 Talamau, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat yang menitik beratkan terhadap metoda dan teknik ajar yang diberikan guru di sekolah. Penelitan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan memakai bentuk deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan secara akurat faktor-faktor dan sifat-sifat suatu hubungan anatara fenomena yang diselidiki dalam bentuk penelitian lapangan. Secara metodologi, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mempelajari secara intensif tentang proses pembelajaran kesenian ronggeng di SMA N 1 Talamau. Data yang digunakan terdiri dari jenis data primer dan data sekunder yang dilakukan melalui teknik pengumpulan data dan analisa data. Sesuai permasalahan dan tujuan hasil penelitian, maka ditemukan hasil penelitian tentang proses pembelajaran kesenian ronggeng pada siswa-siswi di SMA N 1 Talamau. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang metoda dan teknik yang diajarkan guru kepada siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kesenian ronggeng pada pembelajaran vokal, instrumen biola, gendang dan tamburin. Materi lagu yang diajarakan guru dalam kegiatan ekstrakurikuler kesenian ronggeng terdiri dari lagu kampuonghilaman (jenis langgam) dan lagu kok ka berang (jenis joget) Sedangkan metoda ajar yang dipakai antara lain, metode demonstrasi, metode aplikasi, metode imitasi dan metode eksperimen.
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/handle/2327079324/56
Appears in Collections:FSP: Jurnal Mahasiswa dan Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
5.pdf266.18 kBAdobe PDFView/Open    Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.