PEMBELAJARAN TEKNIK PERMAINAN INSTRUMENT MUSIK DALAM MARCHING BAND PADA ANGGOTA GEMA NADA ISTIQOMAH GUGUAK RANDAH KOTO TUO,KABUPATEN AGAM

Sepriadi, 0315613 (2019) PEMBELAJARAN TEKNIK PERMAINAN INSTRUMENT MUSIK DALAM MARCHING BAND PADA ANGGOTA GEMA NADA ISTIQOMAH GUGUAK RANDAH KOTO TUO,KABUPATEN AGAM. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0315613 - SEPRIADI)
0315613 - SEPRIADI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pembelajaran Teknik Permainan Instrumen Musik Dalam Marching Band pada Anggota Drumband Gema Nada Istiqamah Guguak Randah, Koto Tuo, Kabupaten Agam dalam bentuk siklus. Peneliti tertarik untuk meneliti dan memberi tindakan karena melihat personil drumband Gema Nada Istiqamah Guguak Randah masih banyak belum mengetahui tentang teknik permainan instrument musik dalam marching band. Penelitian ini merupakan penelitian action research (penelitian tindakan). Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran teknik permainan instrument musik dalam marching band pada anggota drumband Gema Nada Istiqamah. Metoda pembelajaran yang di gunakan pada pembelajaran teknik permainan instrument musik dalam bentuk marching band pada anggota drumband Gema Nada Istiqamah, Guguak Randah, Koto Tuo, Kabupaten Agam yaitu metoda demonstrasi, metoda simulasi dan metoda latihan. Pelaksanaan di lakukan dengan menggunakan siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam pra siklus, peneliti melakukan tes sebelum memberikan tindakan. Dalam siklus I, peneliti mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan perenungan. Peningkatan kemampuan personil Drumband Gema Nada Istiqamah Guguak Randah, Koto Tuo, Kabupaten Agam di tunjukkan pada hasil siklus. Pada tindakan pra siklus, kemampuan siswa rata-rata hanya 50%. Dari hasil siklus I, anggota mengalami peningkatan 57,7% dan pada siklus II peningkatan mengalami perubahan yang sangat baik yaitu 85%. Personil Gema Nada Istiqamah memiliki peningkatan pada setiap siklus dengan memiliki perselisihan antara pra siklus dan siklus I yaitu 7%. Sedangkan perselisihan antara siklus I dan siklus II yaitu 35%. Sementara perselisihan antara pra siklus dan siklus II yaitu 35%. Oleh karena itu, dapat di lihat hasil sebelum dan sesudah di beri tindakan, terlihat pada anggota drumband Gema Nada Istiqamah telah mendapati peningkatan yang sangat baik. Hasil akhir pada penelitian di lihat pada siklus II dengan pesonil yang mampu mencapai hingga 85% dengan aspek-aspek penilaian. Kata kunci : Pembelajaran; Marching Band; Metoda; Distribusi Frekuensi; Musik dan Pendidikan; Bentuk Siklus.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Marching Band; Metoda; Distribusi Frekuensi; Musik dan Pendidikan; Bentuk Siklus.
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:17
Last Modified: 29 Jun 2021 03:17
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item