MOONLIGHT SONATA, CLAIR DE LUNE, NIRMALA, DAN FELITSA DALAM PERTUNJUKAN SOLIS PIANO

Abdur Rahman Sholeh, 0312715 (2019) MOONLIGHT SONATA, CLAIR DE LUNE, NIRMALA, DAN FELITSA DALAM PERTUNJUKAN SOLIS PIANO. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SINOPSIS & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (0312715 - ABDUR RAHMAN SHOLEH)
0312715 - ABDUR RAHMAN SHOLEH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

1. Piano Sonata No. 14, Op 27 No.2 “Moonlight Sonata” Karya Ludwig Van Beethoven. Piano Sonata No. 14, Op 27 No.2 atau yang dikenal dengan Moonlight Sonata adalah salah satu komposisi sonata piano oleh salah satu composer ternama Ludwig van Beethoven, moonlight adalah judul pemberian German Music Critic And Poet Ludwig Rellstab di tahun 1832, 5 tahun setelah Beethoven meninggal. Sonata ini dibagi menjadi 3 bagian/movement, pada movement pertama adagio sostenuto dengan melody yang disebut oleh Hector berlioz “lamentation” (ratapan). Menggambarkan ratapan yang dalam dari seorang Beethoven dibalik kekerasan personalitynya. Pada movement kedua allegretto memberikan nuansa yang berbeda, Franz Liszt menggambarkannya sebagai “a flower between two chams” (bunga diantara dua jurang) dengan accent yang significant membuat melodi movement kedua ini tekesan ceria. Movement ketiga presto agitato “ stormy final” yang menjadi klimaks dari komposisi ini. Pada bagian ini Beethoven menampilkan dirinya yang sebenarnya, kerasnya personalitynya yang ia miliki emosi, amarah ketidakadilan yang ia rasakan tertuang pada movement ini. 2. Claire de Lune. Claire de Lune merupakan movement ketiga dari suite bergamasque, yang merupakan salah satu dari suite piano yang paling terkenal karya seorang komposer Prancis yaitu Achille Claude Debussy dengan tempo andante, merupakan salah satu karya yang terkenal dimasyarakat. Claude Debussy memiliki ciri khas yang berbeda dengan pengarang lain, karya–karyanya tergolong dalam “impressionistic music” dan banyak terinspirasi dari puisi, melodi yang dipakai mengalir terkesan abstrak dan hampir seluruh bagian dimainkan dengan pianissimo serta menggunakan banyak teknik arpeggio. 3. Nirmala. Nirmala merupakan lagu melayu yang diciptakan oleh pak Ngah, terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada masa Nabi Muhammad, kisah yang dikenal sebagai Hadist Al-Ifk, nirmala yang berarti murni dan tanpa tanda menunjukan bahwa istrinya, Aisha yang difitnah pada waktu itu tidak bersalah. 4. Felitsa. Felitsa adalah musik popular karya Yanni, seorang komposer dan pianis handal yang berasal dari Yunani. Yanni merupakan komposer yang otodidak dan tidak pernah belajar secara formal tentang musik, banyak karya nya yang mendunia dan salah satunya adalah Felitsa, Felitsa sendiri terinspirasi dan didedikasikan kepada ibunya yang telah mengajarkan tentang bagaimana memperjuangkan sebuah mimpi. Kata Kunci: Piano Sonata No. 14, Op 27 No.2; Moonlight Sonata; Claire de Lune; Nirmala; Felitsa; Pertunjukan Solis Piano.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Piano Sonata No. 14, Op 27 No.2; Moonlight Sonata; Claire de Lune; Nirmala; Felitsa; Pertunjukan Solis Piano.
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:58
Last Modified: 28 Jun 2021 03:58
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item