PENGEMBANGAN KREATIVITAS MUSIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LAGU DINDIN BADINDIN DALAM FORMASI PADUAN SUARA DI SMAN 1 BATIPUH

Rosmitha Mediani, 0312116 (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS MUSIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LAGU DINDIN BADINDIN DALAM FORMASI PADUAN SUARA DI SMAN 1 BATIPUH. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0312116 - ROSMITHA MEDIANI)
0312116 - ROSMITHA MEDIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang peneliti temukan bahwa pengembangan kreativitas musik belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Selain itu siswa belum mempunyai kemampuan optimal dalam berpaduan suara melalui pembelajaran lagu Dindin Badindin. Dilihat dari minat siswa, siswa sangat ingin belajar bagaimana teknik bernyanyi yang baik dan benar dengan upaya-upaya dalam pengembangan kreativitas musik yang dapat dikembangkan dengan cara menumbuhkan bakat yang dimiliki siswa dalam bidang musik, dengan memberikan pengalaman, pengetahuan, dan hal-hal yang baru yang sebelumnya tidak diketahui. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran dan menganalisis secermat mungkin mengenai suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu tentang pengembangan kreativitas musik dalam berpaduan suara di SMAN 1 Batipuh. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan beberapa latihan teknik vokal untuk mengembangkan kemampuan siswa. Dengan teknik pengumpulan data menentukan topik, studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian peneliti mengolah data menggunakan teknik analisis data. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari penjelasan setiap kegiatan siswa yang sebelumnya tidak diberi latihan kemudian diberikan teknik-teknik dalam bernyanyi dengan baik. Siswa menjadi lebih terbiasa bernyanyi dengan jenis suara sopran, alto, tenor dan bass. Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan serta berekpresi dalam berpaduan suara. Selain perkembangan dari segi keterampilan siswa, terdapat perkembangan dari segi perilaku siswa seperti disiplin, kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab, dan kreatif. Keyword: Pengembangan Kreativitas Musik, Pembelajaran Lagu Dindin Badindin, Paduan Suara.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas Musik, Pembelajaran Lagu Dindin Badindin, Paduan Suara.
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:47
Last Modified: 05 Apr 2021 07:47
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item