Perancangan Media Informasi Permainan Tradisional “Lago Tanduk” di Desa Siulak Panjang, Kabupaten Kerinci

Ewit, Fibrika (2020) Perancangan Media Informasi Permainan Tradisional “Lago Tanduk” di Desa Siulak Panjang, Kabupaten Kerinci. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0733513 - Ewit Fibrika)
0733513 - Ewit Fibrika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Lago tanduk merupakan permainan tradisional dari desa Siulak Panjang, Kabupaten Kerinci yang saat ini terancam keberadaannya karena banyaknya masyarakat yang tidak tahu tentang permainan ini. Untuk itu diperlukan suatu media informasi untuk melestarikan permainan tradisional lago tanduk. Ruang lingkup target audience pada perancangan media informasi tentang permainan lago tanduk ini secara umum mencangkup seluruh masyarakat Kerinci. Khususnya laki-laki yang berumur 15-30 tahun yang cinta akan budaya, tradisi, permainan tradisional dan yang ingin melestarikan permainan tradisional lago tanduk. Perancangan media informasi tentang permainan tradisional lago tanduk dibutuhkan media yang jelas untuk target audience agar dapat memberikan suatu informasi yang baik dan bisa diterima oleh masyarakat lainnya. Dalam hal ini media yang digunakan yaitu media audio visual berupa video sebagai media utama dan poster, stiker, buku informasi, CD, baju kaos sebagai media pendukung. Pada perancangan media informasi berupa video ini berisi informasi tentang permainan lago tanduk, bagaimana cara membuat tanduk dan bagaimana permainan tersebut dimainkan dan juga memperlihatkan tempat berlangsungnya permainan. Pada video ini juga berisi ajakan untuk melestarikan permainan lago tanduk. Tahapan yang dilakukan dalam proses perancangan media informasi tentang permainan lago tanduk yaitu pertama mengambil shoot diberbagai tempat yang telah ditentukan seperti pintu masuk kerinci, gunung kerinci dan kebun teh di kayu aro, danau kerinci, dan lokasi perminan lago tanduk yaitu di desa Siulak Panjang. Setelah itu, melakukan proses editing video seperti menyusun kembali materi editing berdasarkan naskah secara berurutan baik itu shoot yang baik ataupun tidak baik. Kemudian memotong shoot yang kasar atau belum rapi, menambahkan unsur-unsur graphic seperti teks, animasi, color grading dam sebagainya. Terakhir proses editing dan penggabungan suara meliputi dialog, musik dan efek suara. Kata kunci: Permainan tradisional, lago tanduk, video informasi, Siulak Panjang, Kerinci

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional, lago tanduk, video informasi, Siulak Panjang, Kerinci
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 08 Jun 2020 08:35
Last Modified: 18 Mar 2022 08:49
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item