PERTUNJUKAN SOLIS PERKUSI DENGAN REPERTOAR CONCERTO IN G MINOR “SUMMER”, YELLOW AFTER THE RAIN, TANJUNG KATUNG, DAN INSTRUMEDLEY “THE DANCE OF INSTRUMENTAL”

Novendra, 0314013 (2018) PERTUNJUKAN SOLIS PERKUSI DENGAN REPERTOAR CONCERTO IN G MINOR “SUMMER”, YELLOW AFTER THE RAIN, TANJUNG KATUNG, DAN INSTRUMEDLEY “THE DANCE OF INSTRUMENTAL”. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (0314013 - NOVENDRA)
0314013 - NOVENDRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Concerto in G Minor “Summer”, merupakan salah satu dari sekian banyaknya karya Antonio Vivaldi yang tergabung dalam set Four Seasons. Concerto ini terdiri dari 3 movement (gerakan/bagian).Concerto in G Minor “Summer” mencerminkan keadaan pada musim panas yang kemudian dituliskan ke dalam komposisi musik yang berbentuk concerto. Bagian pertama dalam komposisi ini dimulai dengan tempo aleggro non molto, yangmenceritakan di bawah terik sang surya yang menyengat tanpa henti, insan dan kawan kepayahan karena kepanasan, pohon-pohon cemara terbakar oleh teriknya. Terdengar suara burung hantu, diikuti alunan senandung merdu perkutut dan kutilang.Angin sepoi mengusik udara ..., namun ancaman angin utara tiba-tiba berhembus dan menyapu mereka. Sang gembala gemetar, gentar akan badai dahsyat dan apapun yang akan menghadang. Bagian kedua dalam tempo adagio, menceritakan dahannya kini bangun dari lelapnya karena takut akan kilatan halilintar dan raungan guntur, serangga kecil dan lalat berdengung riuh di sekitar. Dan pada bagian ketiga dengan tempo presto, menceritakan ketakutan terbesarnya menjadi kenyataan, tatkala langit meraung dan hujan bongkahan es menghantam ladang jagung yang berdiri dengan megahnya. Repertoar ini akan ditampilkan dengan format solis Marimba dengan iringan ansamble string. Yellow After the Rain adalah karya dari Mitchell Peters. Ia merupakan seorang Principle Tympani dan perkusi di Los Angeles Philharmonic orkestra. Repertoar ini merupakan karya untuk permainan solo Marimba dengan menggunakan 4 mallet.Permainan teknik hand independent menjadi faktor utama dalam memainkan repertoar ini, seperti ketika tangan kanan memainkan melodi, tangan kiri menjadi bass pengiring dan begitupun sebaliknya. Repertoar ini dimainkan dengan tempo aleggro. Tanjung Katung adalah karya yang tidak diketahui siapa pengarangnya.Karya ini telah dipopulerkan oleh Iyeth Bustami, dan telah diaransemen serta dipopulerkan juga oleh kelompok Geliga.Kelompok musik yang berangkat dari khasanah musik Melayu mencoba memasukkan unsur-unsur jazz ke dalamnya.Lagu irama dua ini telah diarransemen dengan sentuhan fusion di dalamnya. Penyaji yang akan memainkan melodi vocal dari lagu ini akan memainkannya dengan menggunakan instrument Marimba dan iringan combo band. Instrummedley “The Dance of Instrumental” karya Dream Theater,merupakan band proggresive metal yang paling terkenal saat ini.Repertoar ini merupakan karya instrumental gabungan musik dari lagu-lagu band itu sendiri. Di antaranya The Dance of Eterniy, Metropolis Part I, Erotomania, A Change Season, Ytse Jam, Paradigma Shift, dan Hell Hitchen. Banyaknya pergantian sukat serta permainan unisono menjadi ciri khas dalam repertoar, bahkan hampir di setiap lagu dari band ini. Dengan iringan guitar, bass, dan keyboard,penyaji akan tampil sebagai solis Drumset dalam repertoar ini.

Item Type: Thesis (Strata)
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Yelka Putri
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:26
Last Modified: 11 Mar 2020 07:26
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item