SOLO VIOLIN DALAM REPERTOAR CONCERTO IN E MAJOR (LA PRIMAVERA), VIOLIN CONCERTO NO. 4 IN D MINOR: 2ND MOVEMENT, LOVE THEME FROM CINEMA PARADISO, DAN ZAPIN PALEMBANG

Annisa, 03292012 (2017) SOLO VIOLIN DALAM REPERTOAR CONCERTO IN E MAJOR (LA PRIMAVERA), VIOLIN CONCERTO NO. 4 IN D MINOR: 2ND MOVEMENT, LOVE THEME FROM CINEMA PARADISO, DAN ZAPIN PALEMBANG. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img] Text (03292012 - ANNISA)
03292012 - ANNISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Concerto in E Major (La Primavera) karya Antonio Vivaldi. Concerto in E Major (La Primavera) adalah konserto pertama dalam “The Four Seasons” yang berupa serangkaian komposisi untuk solo biola karya komponis Italia, Antonio Vivaldi. “The Four Seasons” berisi empat konserto yang masing-masing diberi nama sesuai nama musim yaitu La primavera (musim semi), L’estate (musim panas), L’autumno (musim gugur), dan L’inverno (musim dingin). Pada pertunjukan ini, penyaji membawakan konserto pertama dalam “The Four Seasons” yaitu “La Primavera” yang berarti musim semi. Sesuai dengan namanya, konserto ini menceritakan tentang keadaan dan suasana yang terjadi saat musim semi datang. Repertoar ini dimainkan dengan diiringi oleh ansambel string. Violin Concerto No. 4 in D Minor: 2nd Movement karya Niccolo Paganini. Violin Concerto No. 4 in D Minor adalah sebuah konserto untuk violin dan orkestra yang ditulis oleh komponis Italia bernama Niccolo Paganini pada musim gugur tahun 1829. Konserto ini pertama kali ditampilkan di Jerman, tempat konserto ini ditulis saat Paganini sedang melakukan tur di sana. Konserto ini memiliki tiga gerakan. Pada pertunjukan ini penyaji membawakan gerakan kedua yaitu Adagio flebile con sentimento. Penyaji menyajikan repertoar ini dengan iringan ansambel string yang diorkestrasikan oleh penyaji sendiri dengan revisi oleh Abdul Rozak, S.Sn. Love Theme from Cinema Paradiso karya Ennio Morricone. Love Theme adalah sebuah musik tema untuk film drama Italia berjudul Nuovo Cinema Paradiso yang ditulis oleh komposer asal Italia Ennio Morricone pada tahun 1988. Love Theme adalah sebuah komposisi musik untuk orkestra. Pada tahun 1997, violinist Itzhak Perlman dan komposer John Williams menggubah lagu ini ke dalam format solo violin diiringi orkestra dan dirilis dalam albumnya yang berjudul Cinema Serenade. Pada pertunjukan ini, penyaji menyajikan repertoar Love Theme dengan iringan ansambel string dan piano yang diorkestrasikan ulang oleh Abdul Rozak, S.Sn. Zapin Palembang. Zapin Palembang adalah salah satu lagu Melayu yang cukup popular di Malaysia. Karya ini telah disajikan dalam bentuk musik vokal yang menggunakan lirik pantun Melayu dan pada tahun 2002 diaransemen oleh pemain biola Hamzah Dolmat ke dalam format solo violin dengan iringan instrumen tradisional melayu. Pada pertunjukan ini, repertoar Zapin Palembang dianransemen ulang oleh Bapak Rizaldi ke dalam bentuk garapan solo violin dengan iringan ansambel string dan instrumen tradisi Melayu.

Item Type: Thesis (Strata)
Subjects: Seni Pertunjukan > Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Seni Musik
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:30
Last Modified: 02 Mar 2020 02:30
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item