Perubahan Kebiasaan Masyarakat Dari Belanja Konvensional Menjadi E-commerce Shopee Di Kota Padangpanjang Provinsi Sumatera Barat

Twidi, Ramadhani (2024) Perubahan Kebiasaan Masyarakat Dari Belanja Konvensional Menjadi E-commerce Shopee Di Kota Padangpanjang Provinsi Sumatera Barat. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img] Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (10404420 - TWIDI RAMADHANI)
10404420 - TWIDI RAMADHANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian ini berjudul Perubahan Kebiasaan Masyarakat Dari Belanja Konvensional Menjadi E-commerce Shopee Di Kota Padangpanjang Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan aktivitas belanja dan bagaimana bentuk perubahan yang terjadi akibat adanya kebiasaan belanja e-commerce shopee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modernisasi dari Talcott Parsons. Talcott Parsons mendefinisikan bahwa proses pembangunan yang dilakukan oleh negara-negara berkembang saat ini dapat dicapai ketika mengikuti proses yang dilakukan negara-negara maju, membedakan antara “modern” dan “tradisional” dimana teknologi menjadi peran kunci di dalam teori ini. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan perubahan aktivitas belanja konvensional menjadi belanja e-commerce shopee yaitu e-commerce menjadi wadah belanja bagi masyarakat, perilaku konsumtif masyarakat, dan gaya hedonisme masyarakat. Terjadinya faktor yang menjadi penyebab perubahan belanja e-commerce maka berdampak pada bentuk-bentuk perubahan seperti perubahan aktivitas belanja, perubahan tempat belanja, dan perubahan tata cara pembayaran.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Perubahan; Masyarakat; E-commerce
Subjects: Seni Pertunjukan > Antropologi Budaya
Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Prodi Antropologi Budaya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:49
Last Modified: 10 Dec 2025 07:49
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id//id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item