Rizky, Alfadly (2021) Perancangan Aplikasi “Mai Qincay Smart Tourism” dalam Upaya Pengembangan Wisata Cerdas Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
|
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (816kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (109006419 - RIZKY ALFADLY)
109006419 - RIZKY ALFADLY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Perancangan aplikasi Mai Qincay Smart Tourism Kabupaten Kerinci bertujuan untuk menaikkan popularitas pariwisata agar lebih dikenal sekaligus menjadi daya Tarik bagi para wisatawan lokal, regional, nasional, maupun internasional. Perkembangan teknologi dapat menjadi solusi sebagai medium pengembangan pariwisata di Kabupaten Kerinci. Pengaplikasian wisata cerdas (Smart Tourim) kabupaten Kerinci adalah wujudnya. Sektor pariwisata sangat penting untuk diperhatikan guna menunjang peningkatan kualitas hidup bagi daerah tujuan wisata. Kabupaten Kerinci dikenal sebagai surganya Pariwisata Provinsi Jambi, hampir 75% objek wisata di Provinsi Jambi berada di Kabupaten Kerinci, hal ini sekaligus menjadikan Kabupaten Kerinci sebagai Branding Pariwisata Provinsi Jambi. Namun dengan demikian penetapan Kabupaten Kerinci sebagai branding Pariwisata Provinsi Jambi belum disertai dengan peningkatan kualitas pengelolaan pengembangan pariwisata. Terutama pada disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual yang dewasa ini tengah mengalami perkembangan trend yang sangat pesat di berbagai wilayah di Indonesia maupun negara di dunia. Perancangan aplikasi “Mai Qincay Smart Tourism” dan branding visual identity mampu memunculkan citra pariwisata Kabupaten Kerinci ke ranah yang lebih global. Aplikasi yang dirancang akan disediakan di market place Play Store. Perancangan ini menggunakan metode 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Tahap pertama dengan mencari sebanyak mungkin definisi-definisi istilah yang akan digunakan dalam perancangan untuk menambah wawasan perancang, lalu melakukan teknis perancangan, dengan menggunakan media manual dan digital, setelah itu dikembangkan menjadi beberapa alternatif pilihan agar sesuai dengan apa yang dikehendaki target sasaran, dan yang terakhir tahap penyebar luasan atau publishing. Tahap ini bisa menggunakan media offline (media luar ruang) maupun media online (web, aplikasi, dan media sosial). Capaian dari perancangan ini supaya Kabupaten Kerinci relevan sebagai penyandang Branding Pariwisata Provinsi Jambi. Kata Kunci : Perancangan – Aplikasi – Mai Qincay – Wisata Cerdas – Kerinci.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan – Aplikasi – Mai Qincay – Wisata Cerdas – Kerinci. |
Subjects: | Pascasarjana ISI Padangpanjang |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Tulus Setiawan |
Date Deposited: | 13 May 2022 08:59 |
Last Modified: | 13 May 2022 08:59 |
URI: | http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |