Perancangan Media Interaktif Kaba Rambun Pamenan sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Penghormatan kepada Orang Tua

Muhammad, Rizki Bahari (2022) Perancangan Media Interaktif Kaba Rambun Pamenan sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Penghormatan kepada Orang Tua. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[img] Text (09307817 - MUHAMMAD RIZKI BAHARI)
09307817 - MUHAMMAD RIZKI BAHARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Kehidupan di zaman yang serba modern sekarang ini, nilai-nilai etika sopan-santun sudah mulai pudar, tidak dimungkiri disebabkan oleh internet dan mobilitas masyarakat, maka untuk mengantisipasi hal itu keluarlah sebuah ide untuk membuat perancangan media interaktif yang membekali nilai dan norma berupa budi pekerti yang baik kepada anak di masa remaja awal, yaitu usia 1217 tahun. Dimulai dengan observasi, wawancara, dan mencari daftar pustaka melalui media buku, jurnal, dan sebagainya, kemudian dianalisa menggunakan metode SWOT dan 5W+1H untuk mengetahui seperti apa perancangan yang akan dibuat dan apakah perancangan ini sesuai dengan target audiens. Hasil penelitian adalah media interaktif berbentuk game yang mengadaptasi cerita Kaba Rambun Pamenan yang dapat diunduh dan dimainkan. Aplikasi yang digunakan adalah Clip Studio Paint EX, Adobe Photoshop 2020, Unity 2020.3.25f, dan Visual Studio. Proses yang dilakukan adalah pengerjaan aset dari sketsa terpilih kemudian masuk proses lining, coloring, rendering secara digital, kemudian di eksport, layout, animasi, programming, dan di build menjadi aplikasi. Hasil dari perancangan ini dalam bentuk game digital yang dapat dimainkan melalui perangkat android. Kata Kunci : Etika Anak, Media Interaktif, Kaba Rambun Pamenan.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Etika Anak, Media Interaktif, Kaba Rambun Pamenan.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:19
Last Modified: 29 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item