Perancangan Boardgame sebagai Media Pembelajaran Budaya Nusantara untuk Anak-Anak

Tri, Alfalaq M (2022) Perancangan Boardgame sebagai Media Pembelajaran Budaya Nusantara untuk Anak-Anak. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (09206317 - TRI ALFALAQ M)
09206317 - TRI ALFALAQ MS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Pengetahuan anak-anak pada kebudayaan Nusantara sudah mulai menurun seiring berjalannya waktu dan gerusan dari budaya luar, maka dari itu keluarlah sebuah ide untuk membuat perancangan board game sebagai media pembelajaran budaya Nusantara untuk anak-anak, dengan target audiens yaitu anak-anak usia 12 – 15 tahun diharapkan board game ini tepat sasaran. Dimulai dengan wawancara dan kuesioner secara online anak-anak, serta mencari daftar pustakan melalui media buku cetak, jurnal dan sebagainya, kemudian dianalisa menggunakan metode SWOT dan 5W+1H untuk mengetahui seperti apa perancangan yang akan dibuat serta apakah perancangan ini sesuai dengan target audiens.Hasil penelitian adalah berikut, Permainan papan dengan tema budaya nusantara, yang dapat dimainkan dengan teman-teman sambil belajar budaya nusantara, dengan ilustrasi yang menarik serta penggunaan warna yang dominan cokelat untuk menggambarkan kesan zaman dahulu, aplikasi yang digunakan adalah Clip Studio Paint EX, Adobe After Effect, Sony Vegas Pro, Corel Draw X7. Proses yang dilakukan sketsa terpilih dan sketsa alternatif kemudian masuk proses lining dan colouring serta finishing dengan cara digital. Hasil dari perancangan ini dalam bentuk boargame cetak dengan ukuran 21 cm x 25 cm x 3 cm. dengan berbagai komponen di dalamnya. Kata Kunci : Board Game, Nusantara, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Board Game, Nusantara, Media Pembelajaran.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:03
Last Modified: 29 Mar 2022 07:03
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item