Kreativitas Siswa dalam Belajar Seni Budaya di SMP N 3 Sawahlunto

Sri, Pertiwi Mardhatillah (2021) Kreativitas Siswa dalam Belajar Seni Budaya di SMP N 3 Sawahlunto. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[img] Text (11400617 - SRI PERTIWI MARDHATILLAH)
11400617 - SRI PERTIWI MARDHATILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]

Abstract

enelitian yang berjudul “Kreativitas Siswa Dalam Belajar Seni Budaya Di SMP N 3 Sawahlunto” bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang kreativitas siswa dan perkembangan kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Sawahlunto, terletak di Jl. Khatib Sulaiman Talawi Hilir Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis data deskriptif terkait fakta yang ditemui di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas memiliki pengaruh terhadap hasil pembelajaran seni budaya pada materi keramik yang dipelajari siswa. Melalui kreativitas siswa dapat mengetahui rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin, bersikap jujur, percaya diri, mampu bekerjasama dengan baik dan ide-ide untuk keterampilan seni keramik dapat dilakukan dengan sistematis. Kreativitas siswa dalam belajar seni keramik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang menjadi faktor penyebab rendahnya kreativitas siswa. Keterbatasan waktu dalam pembelajaran seni budaya pada materi keramik membuat siswa kurang kreatif dalam membuat produk-produk keramik fungsional yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Kreativitas siswa akan berkembang jika guru selalu bersikap demokratis dengan perilaku yang mau mendengarkan, menghargai siswa serta mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapatnya dan melatih siswa berani mengungkapkan ide-ide melalui karyanya. Kata Kunci : Pembelajaran, Seni Budaya, Keramik, Kreativitas

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Budaya, Keramik, Kreativitas
Subjects: Seni Rupa & Desain > Pendidikan Kriya
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:53
Last Modified: 27 Jun 2022 04:49
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item