Motivasi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya di SMP N 4 Padang Panjang

Nadilla, Eka Fitra (2021) Motivasi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya di SMP N 4 Padang Panjang. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (11400717 - NADILLA EKA FITRA)
11400717 - NADILLA EKA FITRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]

Abstract

Tulisan ini membahas tentang “Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni budaya di SMP N 4 Padangpanjang”, yang melatarbelakangi kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di sekolah tersebut sehingga rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran seni budaya tersebut. Maka dari itu sangat penting untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dikelas maupun di luar kelas, sesuai dengan tujuan dari skripsi ini dimana dalam pembelajaran seni budaya tersebut adanya motivasi sehingga motivasi siswa lebih meningkat terhadap pembelajaran seni budaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif menentukan bentuk proses penelitian pengambilan data, penentuan sampel, pengumpulan data serta analisis data yang dilakukan selama observasi untuk menggambarkan bagaimana Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya di SMP N 4 Padangpanjang. Tulisan ini menjawab bagaimana motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di SMP N 4 Padangpanjang? Permasalahan ini diteliti dengan studi lapangan yang dilaksanakan di SMP N 4 Padangpanjang sebagai sumber data yang akurat berupa data dokumentasi tentang motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya. Penyajian hasil analisis data yang menggunakan dua metode yaitu formal dan informal. Formal berupa adanya tabel dan angka yang di dapatkan dari data sekolah dan informal berupa tulisan yang rinci dan terurai berdasarkan data yang penulis dapatkan dari pihak sekolah melalui dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan. Ada beberapa teori yang digunakan dalam penulisan ini yaitu teori motivasi menurut Abraham Maslow, teori pembelajaran menurut winkle dan teori seni budaya menurut koentjoningrat yang berhubungan dengan Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya di SMP N 4 Padangpanjang. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di SMP N 4 Padangpanjang dalam perencanaan, penerapan dan evaluasi. Peserta didik dalam pembelajaran seni budaya dapat menerima motivasi tersebut yang diberikan oleh guru dan masih ada hambatan-hambatan seperti masa pandemi ini tapi hasil yang diperoleh sudah cukup baik terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran seni budaya tersebut. Kata Kunci : Motivasi, Siswa, Pembelajaran Seni Budaya.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Siswa, Pembelajaran Seni Budaya.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Pendidikan Kriya
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Pendidikan Kriya
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:49
Last Modified: 27 Jun 2022 04:48
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item