PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KAMPUNG WISATA “SARUGO” SARIBU GONJONG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Muhammad Rafi, 0938216 (2021) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KAMPUNG WISATA “SARUGO” SARIBU GONJONG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0938216 - MUHAMMAD RAFI)
0938216 - MUHAMMAD RAFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desain grafis mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Cakupan desain grafis meluas ke berbagai bidang, hingga merambah pada perancangan media promosi yang berkomunikasi melalui visual (media dengan menyampaikan pesan atau informasi melalui gambar, foto ataupun sejenisnya). Dalam laporan tugas akhir yang berjudul “Perancangan Media Promosi Kampung Wisata “Sarugo” Saribu Gonjong Kabupaten Lima Puluh Kota” penulis ingin memperlihatkan konsep rancangan beberapa media promosi untuk menginformasikan tentang Kampung Wisata “Sarugo” pada masyarakat luas. Kampung Wisata “Sarugo” merupakan daerah pemukiman yang mayoritas memiliki tempat tinggal tradisional Minangkabau yaitu Rumah Gadang sebagai hunian utama. Terdapat banyak Rumah Gadang di kampung ini yang berjejer rapi dan menghadap ke timur serta pesona alam yang asri. Masih banyak terdapat suku-suku, kesenian, dan hal-hal yang terkait budaya Minangkabau masih di pakai dan ditetapkan sebagai norma-norma kehidupan. Keunggulan-keunggulan tersebut belum diketahui oleh dunia luar, banyak masyarakat di luar daerah Koto Tinggi yang belum mengetahui karakteristik dari objek wisata ini. Maka diperlukan proses promosi yang ketat dan menarik untuk mendongkrak popularitas dari Kampung Wisata “Sarugo” itu sendiri. Media promosi ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat khususnya wisatawan-wisatawan tentang Kampung Wisata “Sarugo”. Dalam proses peracanan media promosi Kampung Wisata “Sarugo” ini, penulis mengumpulkan data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara bersama penduduk dan pengurus terkait, serta melakukan studi lapangan untuk mendapatkan ide kreatif dalam perancangan media promosi Kampung Wisata “Sarugo” ini. Hingga tercipta rancangan media promosi berupa video promosi (audio visual) yang memperlihatkan pesona dan keindahan yang ada pada Kampung Wisata “Sarugo” dengan beberapa media pendukung seperti poster, x-banner, brosur, dan merchandise. Kata kunci: Perancangan, Media Promosi, Kampung Wisata “Sarugo”, Saribu Gonjong, Desain Grafis, Video Promosi.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Promosi, Kampung Wisata “Sarugo”, Saribu Gonjong, Desain Grafis, Video Promosi.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:42
Last Modified: 09 Aug 2021 07:42
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item