PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL ANTI HOAX

Siti Islamiati, 0935115 (2021) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL ANTI HOAX. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (0935115 - SITI ISLAMIATI)
0935115 - SITI ISLAMIATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Akses internet saat ini semakin mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, hal ini dimanfaatkan oleh sejumlah oknum tidak bertanggungjawab untuk membagikan berita hoax atau berita bohong dengan maksud memprovokasi pihak lawannya, masyarakat internet (netizen) cenderung meneruskan kembali atau mengomentari segala info yang mereka minati tanpa berpikir panjang, Berita ini sering kita sebut sebagai hoax, dan banyak yang mudah terjebak oleh informasi palsu seperti ini. Jika tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup, orang yang tidak mengerti akan menelan mentah-mentah dengan apa yang dibacanya di media sosial. Berita-berita negatif tersebut bisa menimbulkan keresahan dan konflik yang tidak perlu jika ditanggapi dengan serius dan bisa berpengaruh ke dunia nyata. Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui lingkup penerapan desain komunikasi visual dalam memecahkan masalah dan menghadirkan solusi sesuai dengan target yang telah ditentukan dalam kampanye sosial, dalam hal ini anti hoax. Perancangan dimulai dengan menggunakan metode penelitian wawancara, melakukan survei melalui pengamatan langsung dilapangan dan menghubungkannya dengan teoriteori motion grapich, warna, dan tipografi agar melengkapi proses yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir ini. Hasil yang dicapai dari perancangan kampanye sosial anti hoax adalah menambah literasi audience sehingga mengubah perilaku dalam menghadapi fenomena hoax pada saat ini. Kata Kunci : Perancangan, Kampanye sosial, Anti Hoax, Motion grapich, Media Sosial, Literasi Audience.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Kampanye sosial, Anti Hoax, Motion grapich, Media Sosial, Literasi Audience.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Desain Komunikasi Visual
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:37
Last Modified: 09 Aug 2021 07:37
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item