Perancangan Media Motion Comic Legenda Bujang Sambilan Asal Usul Danau Maninjau Sumatera Barat

Erik, Desra Saputra (2019) Perancangan Media Motion Comic Legenda Bujang Sambilan Asal Usul Danau Maninjau Sumatera Barat. Strata thesis, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (07462012 - ERIK DESRA SAPUTRA)
07462012 - ERIK DESRA SAPUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Ide perancangan ini berawal dari cerita rakyat atau legenda bujang sambilan pada saat ini perlahan-lahn sudah mulai dilupakan. Perancangan ini bertujuan untuk menyajikan kembali cerita rakyat atau legenda bujang sambilan asal usul terjadinya danau maninjau sehingga dapat memperkenalkan dan miningkatkan daya tarik remaja terhadap cerita rakyat atau legenda yang ada di Sumatera Barat. Maka berdasarkan dari masalah ini timbulnya ide untuk merancang sebuah media Motion Comic legenda Bujang Sambilan. Motion Comic adalah kombinasi dari elemen-elemen multimedia seperti gambar, suara, teks, digabung dengan pergerakan yang membuat komik menjadi hidup (bergerak). Legenda bujang sambilan merupakan sebuah kisah yang menceritakan asal usul terjadinya danau maninjau yang ada di sumatera barat. Perancangan Motion Comic legenda Bujang Sambilan ini menggunakan analisis SWOT. Sedangkan proses perancangan diawali dengan pembumpulan data melalui observasi dan wawancara selanjutnya menentukan konsep visual, perancangan karakter, sinopsis, storyline, storyboard, proses digital, coloring dan sketsa, proses motion dan pengaplikasian. Hasil yang dicapai adalah menghadirkan sebuah motion comic dengan target audiens 15 sampai 23 tahun. Hadirnya perancangan Motion Comic legenda bujang sambilan asal usul terjadinya danau maninjau di harapkan dapat membantu membangkitkan kembali legenda bujang sambilan dan masyarakat khususnya, tertarik dengan legenda bujang sambilan. Kata kunci : Perancangan; Media; Motion Comic; legenda Bujang Sambilan; asal usul Danau Maninjau.

Item Type: Thesis (Strata)
Uncontrolled Keywords: Perancangan; Media; Motion Comic; legenda Bujang Sambilan; asal usul Danau Maninjau.
Subjects: Seni Rupa & Desain > Seni Murni
Seni Rupa & Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa & Desain > Prodi Seni Murni
Depositing User: Tulus Setiawan
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:34
Last Modified: 25 May 2022 08:21
URI: http://repository.isi-padangpanjang.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item